Selasa, 13 Maret 2012

Metodologi Penelitian


A.    Desain Penelitian
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Classroom Action Research (CAR), karena tindakan dilakukan melalui perlakuan siklus pembelajaran khusus, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tahap perencanaan penelitian tindakan kelas minimal dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus minimal dilaksanakan dua kali pertemuan sehingga PTK sedikitnya dilaksanakan empat kali pertemuan. Perencanaan  Penelitian tindakan kelas ini hanya membahas satu pokok bahasan/satu standart kompetensi yaitu meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam Asmaul Husna dengan menerapkan pendekatan model pembelajaran berbasis aktifitas.
B.     Latar dan Subjek penelitian
1.      Tempat Penelitian
Lokasi penelitian tindakan ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Kediri, khususnya Kelas X-A
2.      Waktu Penelitian
Waktu  penelitian ini dilakukan pada semester II 2011/2012, lama penelitian kurang lebih satu bulan dimulai dari tanggal 09 Januari sampai 09 Februari 2012, penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik sekolah, karena penelitian tindakan kelas memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif, sehingga tujuan penelitian dapat tercapai dengan baik, sedangkan subjek dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan faktor perbedaan kemampuan belajar antar siswa, dan kondisi lingkungan lokasi penelitian.
3.      Jumlah Siswa
Jumlah siswa kelas X-A adalah 39 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan.
4.      Karakteristik Siswa
Dalam proses pembelajaran siswa kelas X-A, kebanyakan kurang aktif dalam forum dan sering tidak mengemukakan argumen-argumen terkait materi yang diajarkan serta kurang kritis dalam menghadapi suatu persoalan atau permasalahan
C.      Prosedur Penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Kediri pada tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang ingin mengungkap seberapa tinggi Tingkat efektifitas Pendekatan berbasis aktivitas dalam menumbuhkan motivasi belajar aqidah akhlak pokok bahasan sifat-sifat Allah dalam Asmaul Husna pada siswa Kelas X. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua tatap muka (pertemuan).
Proses Penelitian Tindakan
Pada Refleksi awal, Kelas X semester II dalam mengikuti materi Aqidah Akhlak sangat pasif, siswa hanya mendengar dan menyimak, bagaimana guru dapat meningkatkan motivasi belajar agar siswa aktif?
1.      Perencanaan Penelitian
Meliputi penyampaian materi Aqidah Akhlak khususnya sifat-sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna dengan alokasi waktu 2 x 45 menit setiap kali tatap muka (pertemuan), melakukan  latihan dengan mengadakan tanya jawab, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dan memberikan motivasi kepada siswa.
Kegiatan ini mencakup seluruh kegiatan belajar mengajar melalui pendekatan model pembelajaran berbasis aktifitas dengan menggunakan media yang ada dikelas dan memberikan tugas untuk dipresentasikan. Untuk lebih jelasnya pelaksanaan tindakan ini secara garis besar sesuai dengan bagan diatas, yaitu :
a)      Siklus I dimulai dari refleksi awal, kemudian dilanjutkan dengan perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi akhir.
b)      Siklus II (sama dengan siklus I)
3.      Pengamatan tindakan (Observasi)
Pada tahap ini peneliti akan mengadakan pengamatan hasil belajar siswa dari keaktifan siswa yaitu :
a)      Keaktifan siswa dalam diskusi
b)      Banyaknya siswa yang bertanya
c)      Banyaknya siswa yang menjawab pertanyaan guru/siswa lain
d)     Memberikan pendapat/respon dalam diskusi
4. Refleksi hasil penelitian
Pada kegiatan akhir tiap siklus perlu adanya pembahasan antara siklus-siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil penelitian. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :
1)      Sebanyak > 75% siswa dapat memahami materi sifat-sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna
2)      Ketuntasan belajar tercapai jika 80 % siswa mendapat nilai > 75
3)      Untuk kriteria keaktifan siswa mendapat nilai cukup, dilihat dari hasil penilaian instrument.
D. Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian tindakan ini peneliti menggunakan beberapa prosedur pengumpulan data agar memperoleh data yang objektif. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain:
1.      Observasi
Obsevasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian (Zuriah, 2003). Pengamatan dan pencatatan yang dilakukan terhadap objek ditempat terjadi atau berlangsungnya peristiwa.
2.      Wawancara
Wawancara merupakan salah satu prosedur terpenting untuk mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif, sebab banyak informasi yang diperoleh peneliti melalui wawancara. Wawancara dilakukan peneliti untuk memperoleh data sesuai dengan kenyataan pada saat peneliti melakukan wawancara. Wawancara dalam penelitian ini ditujukan kepada siswa Kelas X dan guru - guru Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Kediri.
3.      Dokumentasi
Zuriah (2003), menjelaskan bahwa dokumentasi merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, terutama berupa
arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil, atau hukum -hukum lain yang berhubungan dengan masalah penelitian.

1 komentar:

  1. youtube.com/embed/288829c3 - Videoodl
    youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 mp3 to youtube youtube.com/embed/288829c3 youtube.com/embed/288829c3 youtube.com

    BalasHapus